Popular Posts

Mengapa Kain Kashmir Lebih Mahal Daripada Wol ?

by in Fashion .

Mengapa Kain Kashmir Lebih Mahal

Bagi para penggemar fashion, sudah tidak asing lagi dengan nama kain kashmir. Kain kashmir digunakan untuk pakaian dan produksi tekstil lainnya. Secara historis, kambing kashmir berbulu halus disebut "Capra hircus laniger", seolah-olah kambing tersebut adalah bagian spesies dari kambing capra hircus.

Namun mereka lebih sering dianggap sebagai bagian dari kambing "Capra aegragrus hicrus". Pakaian yang berbahan dari kain kashmir, sangat mahal tentunya. Di republik "banana", memajang pakaian dengan tulisan "100% kashmir", bisa mem-bandrol dengan  harga yang lebih mahal. Sebagai contoh, satu sweater merk cardigan seharga 2 juta rupiah, di tempat lain anda dapat menemukan sweater berbahan kashmir seharga 5 juta rupiah.

Mengapa wol kashmir jauh lebih mahal dari jenis wol lainnya?
Alasannya adalah proses produksi lebih mahal dan kelangkaannya. Kashmir berasal dari lapisan bawah bagian kambing seperti bagian leher, perut dan lainnya. Dibutuhkan lebih dari dua ekor kambing untuk membuat satu sweater. Setelah menggunting bulu yang dibutuhkan, memerlukan proses mekanis untuk memisahkan bulu yang kasar dari bulu halus. Proses tersebut dinamakan de-hairing. Setelah de-hairing, bulu tersebut siap dicelup dan diubah menjadi benang, kain kashmir.

Kashmir dikumpulkan selama musim semi, ketika bulu kambing rontok secara alami untuk melepaskan mantel musim dingin kambing tersebut. Dibelahan bumi utara, masa rontok bulu kambing ketika awal maret hingga akhir mei. Di beberapa daerah, bulu kambing diambil menggunakan sisir kasar. Bulu kambing yang kasar biasanya dipotong dan sering digunakan untuk sikat, pelapis dan lainnya. Kambing di Iran, Afghanistan, selandia baru dan australia biasanya mencukur bulu kambing tersebut. Kualitas kashmir tersebut lebih banyak berisi bulu yang kasar dan kahsmir tidak terlalu murni.

Di amerika, metode yang paling terkenal adalah metode menyisir. Proses ini menghabiskan waktu hingga dua minggu, namun dengan mata yang terlatih ketika serat/bulu ini dipisahkan, mungkin membutuhkan waktu sekitar seminggu.

Negara China adalah salah satu produsen terbesar penghasil kashmir mencapai sekitar 11.000 m2 pertahunnya. Mongolia memproduksi kurang lebih 3400 m2/tahun, sedangkan negara Afghanistan, iran, turki dan republik asia tengah lainnya menghasilkan sedikit lebih rendah. Total produksi tahunan diperkirakan antara 17.000-20.000 m2.

Kashmir murni dapat dicelup dan dipintal menjadi benang dan dirajut menjadi sweater, topi, sarung tangan, kaus kaki. Juga dapat dijadikan menjadi pakaian seperti jaket, celana, piyama, syal ,selimut dan lainnya. Produsen kain dan garmen di skotlandia, italia dan jepang telah lama dikenal sebagai pemimpin pasar.

Di amerika serikat, kota uxbridge, Massachusetts adalah inkubator bagi industri wol kashmir. Capron mill memiliki alat tenun listrik pertama pada tahun 1820. Pabrik tersebut terbakar pada tanggal 21 juli 2007. Pemilik pabrik berencana untuk membangun kembali.

Latest update: Sep 02, 2014

Tentang LezLeather

Kami adalah pengrajin jaket yang terbuat dari bahan "kulit domba asli" . Khas dari daerah "Garut" yang merupakan potensi yang sangat berharga di kota kami. Produk-produk kami sudah teruji dan sudah tersebar ke seluruh Indonesia bahkan ke mancanegara. Kami akan selalu memberi pelayanan yang prima untuk kepuasan pelanggan kami.

Contact

  • 085723558753
  • 24C8EE9C
  • ruhimatcoy@gmail.com

Twitter

Facebook

© 2014 - 2016 LezLeather