Popular Posts

Yuk Cari Tahu Segudang Manfaat Buah Naga dan Cara Menanamnya!

by in Kesehatan .

Buah Naga atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Dragon Fruit ini memang belum terlalu lama dikenal dan dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini awalnya berasal dari negara Meksiko, namun saat ini juga sudah banyak dibudidayakan dinegara-negara Asia seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, termasuk juga Indonesia. Tanaman buah yang memiliki nama latin Hylocereus Undatus ini merupakan  golongan kaktus, yang tentunya relatif mudah untuk tumbuh dan dikembangkan di negara-negara tropis seperti Indonesia.

Awalnya, tanaman buah naga hanya dijadikan sebagai tanaman hias karena bentuk batangnya segitiga dan berduri pendek, serta memiliki bunga indah berbentuk corong yang hanya akan mekar sempurna pada malam hari saja. Buah ini juga memiliki beberapa varietas, antara lain buah naga dengan kulit merah dan daging putih, buah naga berkulit merah dan daging merah, serta buah naga berkulit kuning dan daging putih. Masing-masing varietas dijual dengan harga yang berbeda-beda pula.

Sama halnya dengan buah-buahan lain, buah naga  juga memiliki banyak kandungan zat dan nutrisi yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti air, serat, kalsium, protein, fosfor, vitamin B1, B2, C dan masih banyak lagi. Mau tahu apa saja manfaat dari buah naga untuk tubuh kita? Simak di bawah ini yuk!

1. Mencegah berbagai penyakit serius

Segudang nutrisi yang terkandung pada buah naga membuat buah ini mampu mencegah bahkan menyembuhkan berbagai penyakit serius seperti kanker, diabetes dan masalah pada jantung. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat buah naga (terutama buah naga yang memiliki daging berwarna merah) mampu menangkal radikal bebas yang seringkali menjadi penyebab munculnya kanker. Buah naga juga mengandung gula sederhana yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, fiber atau serat alami dalam buah naga juga baik untuk kesehatan pencernaan dan melawan penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

2. Meningkatkan nafsu makan

Jika nafsu makan kamu menurun, segeralah konsumsi buah naga. Kandungan vitamin B1 dan B2 yang terkandung di dalamnya akan membuat nafsu makanmu meningkat. Buah naga juga sangat baik digunakan untuk penambah nafsu makan saat proses pemulihan dari sakit.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh biasanya akan terganggu pada musim yang tidak menentu seperti musim diantara pergantian musim panas dan hujan. Agar kekebalan tubuh tetap terjaga meskipun saat cuaca ekstrim, perbanyaklah konsumsi buah naga. Hal ini karena kandungan vitamin C pada buah naga akan membantu tubuh kita untuk menahan berbagai virus yang menyerang kekebalan tubuh kita.

4. Memperkuat tulang dan gigi

Seperti yang sudah kita tahu, agar tetap dalam kondisi sehat, tulang dan gigi kita memerlukan asupan kalsium dan fosfor yang cukup. Nah buah naga merupakan salah satu sumber makanan yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor pada tubuh kita. Jadi jika ingin tulang dan gigi kamu tetap kuat dan tidak mudah rusak, sering-seringlah mengkonsumsi buah yang satu ini yah.

5. Menghambat penuaan dini

Selain bagi kesehatan organ tubuh, buah naga juga ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kulit kita lho, Toppers. Kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi membuat buah ini sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan untuk merawat kulit. Cara untuk mendapatkan manfaatnya yaitu dengan menghaluskan daging buah naga lalu mengoleskannya ke wajah. Masker ini bisa mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit kering yang menjadi penyebab penuaan dini pada kulit. Selain dengan menggunakannya sebagai masker, kamu juga bisa mendapatkan manfaat buah naga untuk kulit dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Manfaat buah naga ini ternyata tidak hanya bisa didapatkan dari dagingnya saja lho, namun juga bisa didapatkan dari kulitnya. Jadi saat memakan buah naga, jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya yah, Toppers. Kamu bisa membuat ekstrak kulit buah naga dengan cara mengeringkan kulit buah ini di bawah terik sinar matahari. Setelah kering, seduhlah kulit tersebut dengan air panas dan bisa kamu minum layaknya meminum teh.

Cara Mudah Menanam Buah Naga di Rumah

Pada dasarnya, buah naga dibudidayakan dengan cara penyemaian biji dan stek. Namun penanaman menggunakan biji memerlukan waktu yang lama dari pertama tumbuh hingga waktu produksi. Oleh karena itu, cara yang paling mudah untuk mengembangkannya adalah dengan menggunakan stek. Kamu bisa membudidayakan tanaman ini dengan berbagai metode, mulai dari tabulampot hingga metode bertingkat. Nah bagi kamu yang memiliki keterbatasan lahan, metode tabulampot merupakan cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menanam tanaman buah golongan kaktus ini. Berikut cara mudah untuk berkebun dan membudidayakan tanaman buah naga di lahan sempit. (Baca juga: 4 Cara Mudah Bercocok Tanam di Lahan Sempit)

1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan seperti:

  • Bibit pohon buah naga yang diambil dari batang yang besar dan sudah cukup tua. Bibit tanaman buah naga terbaik adalah yang berukuran 30 cm.
  • Pot yang terbuat dari tanah liat agar sirkulasi air dan udara berjalan dengan lancar. Pilihlah pot dengan ukuran yang besar, semakin besar ukuran pot maka akan semakin baik pula untuk perkembangan pohon buah naga.
  • Tiang panjatan yang terbuat dari kayu atau besi yang kokoh, sebagai penopang agar pohon dan cabang buah naga tidak mudah roboh.
  • Media tanam yang berasal dari campuran tanah, sedikit pasir, pupuk kandang, bubuk bata dan air secukupnya.
  • Tali untuk mengikatkan bibit pada tiang panjatan

2. Kemudian tancapkan tiang panjatan di dalam pot yang sudah diisi dengan media tanam.

3. Setelah itu, tanam bibit pohon buah naga dengan kedalaman 10 cm. Jangan lupa untuk mengikatnya pada tiang panjatan. Lalu tekan-tekan tanah sekitar bibit agar tidak mudah roboh. Selanjutnya siram dengan air dan letakkan pot ditempat terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung.

4. Selanjutnya, lakukan pemupukan secara rutin agar tanaman buah naga bisa berkembang dengan baik. Sementara untuk penyiraman, jangan terlalu sering menyiram tanaman buah naga karena jika terlalu banyak terkena air maka batangnya akan mudah busuk.

Dengan cara-cara di atas, mengembangkan tanaman buah naga di rumah sangatlah mudah bukan, Toppers? Nah bagi kamu yang tertarik untuk membudidayakan tanamanbuah naga, kamu bisa membeli bibitnya di Tokopedia.com lho. Selamat mencoba! :D

Sumber foto: rebuildafterstorm.info, installitdirect.com

Latest update: Oct 02, 2014

Tentang LezLeather

Kami adalah pengrajin jaket yang terbuat dari bahan "kulit domba asli" . Khas dari daerah "Garut" yang merupakan potensi yang sangat berharga di kota kami. Produk-produk kami sudah teruji dan sudah tersebar ke seluruh Indonesia bahkan ke mancanegara. Kami akan selalu memberi pelayanan yang prima untuk kepuasan pelanggan kami.

Contact

  • 085723558753
  • 24C8EE9C
  • ruhimatcoy@gmail.com

Twitter

Facebook

© 2014 - 2016 LezLeather